SMA Al-Azhar Dominasi Juara OSN MIPA Kota Palu 2014

         Siswa SMA Al-Azhar Palu, tampil dominan di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Kota Palu, khusus untuk pelajaran eksakta atau bidang lomba Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (M-IPA). Tercatat 8 siswa SMA Al-Azhar yang menjuarai OSN tingkat Kota Palu, yang hasilnya baru saja diumumkan.

       Tercatat ada tiga mata pelajaran bidang M-IPA, yang didominasi siswa SMA Al-Azhar Palu, yakni OSN mata pelajaran Fisika, Biologi, Kimia, Astronomi dan matematika. Bahkan untuk mata pelajaran Biologi dan Kimia, siswa SMA Al-Azhar Palu, meraih posisi juara I dan juara II, sedangkan mata pelajaran fisika dan astronomi, siswa SMA Al-Azhar Palu, meraih juara I. Di bidang lomba astronomi, siswa SMA yang beralamat di Jalan Garuda tersebut, juga meraih juara III. Demikian pula bidang lomba matematika.

         Kepala SMA Al-Azhar Palu, Drs Abdul Basit Arsyad MPd, mengatakan untuk bidang lomba Fisika, siswa yang meraih juara I atas nama Muh Yasser. Untuk bidang lomba Biologi, siswa yang meraih juara I atas nama M Rakha Islah dan yang meraih juara II atas Syarifah Ayu R.

“Yang juara I Kimia, atas nama M Asnur Sy dan yang juara II Kimia atas nama M Fadel Hidayat. Juara I Astronomi Ayu Amaliah P, juara III Astronomi Endah Retno N dan yang juara III Matematika, Annisa Qurratu Ainy,”sebut Basit, ditemui akhir pekan kemarin.

      Siswa yang meraih prestasi, menurut Basit, adalah mereka yang selama ini, dikenal memiliki talenta di bidang pelajaran yang mereka dimenangkan. Seperti halnya M Fadel Hidayat, adalah siswa yang menjadi wakil Sulteng di ajang OSN tingkat nasional untuk mata pelajaran Kimia. Para siswa tersebut, juga menjadi langganan dalam setiap iven yang dilaksanakan beberapa lembaga, seperti halnya iven kompetisi yang digelar Universitas Tadulako. “Annisa Qurratu Ainy, juga dikenal telah memiliki prestasi sejak masih SMP,”kata Basit.

       Atas prestasi yang  diraih siswa SMA Al-Azhar tersebut, mereka berhak untuk membawa nama Palu di ajang OSN tingkat provinsi, yang rencananya akan digelar dalam beberapa waktu kedepan.Menghadapi OSN tingkat provinsi, saat ini kedelapan siswa tersebut, mulai mengintensifkan latihan. Para siswa tersebut, diberikan kompensasi, untuk tidak mengikuti pelajaran di kelas reguler, karena harus memperdalam pengetahuan, khusus untuk bidang lomba yang akan mereka hadapi masing-masing.

“Pengawasan dan bimbingan, diberikan langsung oleh gurunya masing-masing. Selain penguatan dari sisi pengetahuan dan wawasan, siswa yang akan tampil di iven-iven seperti halnya OSN ini, juga diberikan penguatan mental, agar mereka siap lahir batin dalam menghadapi lomba,”kata Basit.

          Siswa yang akan menghadapi OSN tingkat provinsi, ditemui akhir pekan kemarin, tampak berkumpul di laboratorium IPA SMA Al-Azhar Palu. Selain diberikan penguatan dalam bentuk teori, siswa langsung  mempraktikannya di laboratorium. Para siswa, juga tampak berdiskusi langsung dengan gurunya. Diskusi yang dikembangkan, dalam rangka menguji kembali kemampuan siswa. Juga diberikan latihan, tentang soal-soal pelajaran yang akan mereka hadapi di arena OSN SMA tingkat provinsi mendatang.(hnf)