from 79 heroes for you

Jumat, 18 April 2014

               Bertepatan di Hotel Mercure Palu, tepatnya di swimming pool area Mercure Hotel, SMA Alazhar Palu menggelar acara perpisahan siswa-siswi kelas XII SMA Alazhar. Acara ini sekaligus merupakan syukuran, sebab 2 hari sebelumnya tepat tanggal 16 April 2014 sekolah baru saja menyelesaikan Ujian Nasional. Bagi SMA Alazhar sendiri, Ujian Nasional tahun ini merupakan ujian perdana, sebab kita ketahui bersama SMA Alazhar Palu merupakan salah satu sekolah " pendatang baru " di dunia pendidikan Sulawesi Tengah, khususnya Kota Palu. Inilah yang kemudian menjadi sebab acara " farewell party " atau acara perpisahan kali ini terasa amat spesial plus bersejarah.

Acara yang berlangsung meriah dan santai ini mengusung tema " from 79 heroes for you " atau lebih tepatnya dalam bahasa Indonesia " Dari 79 Pahlawan Untukmu ". Tema yang cukup sederhana tetapi menyiratkan pesan mendalam bagi seluruh keluarga besar SMA Alazhar Palu. Angka 79 memang adalah angka spesial bagi SMA Alazhar Palu, sebab dari jumlah 79 inilah yang juga menjadi salah satu unsur penting cikal bakal lahirnya SMA Alazhar Palu sejak tahun 2011 silam. Mereka adalah sejumlah anak-anak juara (79 siswa-siswi angkatan pertama) yang berani mengejar mimpi dan menjatuhkan pilihan untuk belajar dan menuntut ilmu di SMA Alazhar Palu, padahal mereka mungkin sadar benar bahwa dalam perjalanannya, masa masa awal berdirinya sekolah ini juga sempat tertatih-tatih hingga Alhamdulillah mendulang sukses seperti sekarang ini. Itulah sebabnya, bagi SMA Alazhar Palu, mereka ke-79 siswa tersebut  adalah anak-anak hebat dan luar biasa yang akan tetap dikenang hingga kapanpun.

Selain dihadiri oleh seluruh siswa-siswi kelas XII yang menjadi fasilitator utama dalam kegiatan ini, acara ini dihadiri pula oleh seluruh guru dan staf tata usaha SMA Alazhar Palu termasuk kepala sekolah beserta keluarga. Acara tersebut berlangsung cukup meriah namun tetap khidmat dan penuh haru, apalagi pada akhir acara dimana seluruh siswa dan guru bersalam-salaman, terasa sekali betapa kuatnya nuansa kekeluargaan plus rasa haru yang berkecamuk di hati setiap orang yang hadir, sebagian besar larut dalam kesedihan hingga suara tangis baik dari siswa maupun guru seakan tak bisa dibendung. Hal ini cukup wajar, apalagi bagi seluruh siswa, semuanya teringat kembali masa-masa indah nan mengesankan ketika bersama-sama berproses menjadi siswa SMA Alazhar, menjalani hari hari penuh suka cita dan duka bersama-sama dan sebentar lagi semuanya akan berakhir.

Acara ini cukup sukses menghadirkan suasana keceriaan bagi seluruh keluarga besar SMA Alazhar Palu, selain tempat kegiatan yang didesain cukup menyenangkan, yakni di tempat terbuka, tepatnya di area taman dan kolam renang Hotel Mercure Palu, acara malam itu dimeriahkan oleh beberapa atraksi seni siswa-siswi dan guru yang keseluruhannya tampil maksimal dan menghibur. Beberapa sambutan atau kesan pesan disampaikan oleh Kepala Sekolah Drs. Abdul Basit, M.Pd dan perwakilan guru yang disampaikan oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan dan Humas, Akhlis, S.Pd.,M.Pd, tidak ketinggalan kesan pesan dari perwakilan siswa yang disampaikan Rafdy Rabbani, siswa kelas 12 C. Yang tak kalah menarik pula dari acara ini adalah dengan dilepaskannya 100 buah balon berbagai warna ke udara yang menyimbolkan sebuah harapan besar dari seluruh keluarga besar SMA Alazhar Palu agar ke 79 siswa siswi angkatan pertama yang telah mengikuti Ujian Nasional tersebut bisa lulus 100 %. Namun menariknya dan dirasakan cukup menggelitik adalah ; sebelum pelepasan balon ke udara, tepatnya 1 jam menjelang acara dimulai, 1 balon dari 100 buah balon yang disiapkan tiba-tiba pecah. Meskipun hal ini biasa terjadi, tetapi tetap saja dirasakan cukup unik bahkan semua orang yang hadir di tempat acara spontan tertawa, apalagi beberapa siswa yang usil mengait-ngaitkannya dengan mitos atau  tanda tanda kurang menguntungkan, bisa saja itu pertanda ada 1 siswa yang tidak lulus atau hanya 1 siswa yang lulus, yang lain terbang dan mendapat hasil hampa seperti balon hehehehehehehehheheheheheheheheh ada-ada saja ! Tapi untunglah ada yang menguatkan bahwa itu sebagai tanda keberkahan, karena jumlah balonnynya tinggal 99 buah, berarti sama dengan jumlah 99 Asma Allah yang agung atau kita kenal dengan sebutan Asmaul Husna. Jadi Insya Allah semuanya diberkahi dan diberikan kelulusan 100 persen, amiin.

Oleh : Akhlis, S.Pd.,M.Pd ( Wakasek Kesiswaan dan Humas SMA Alazhar Palu )