Dhira Alfiah, Raih Enam Medali di Ajang Bontang Open

Awalnya Sekadar Terapi Asma, Kini Jadi Jawara di Kolam Renang

Awalnya berenang untuk mengobati asma yang dideritanya, siapa sangka, kalau terapi tersebut justru mengantarkan Dhira Alfiah, meraih jawara di iven renang tingkat nasional. Belum lama ini, Dhira Alfiah, siswa kelas X SMA Al-Azhar Palu, berhasil meraih enam medali sekaligus. Wow!..

DUKUNGAN penuh dari sekolah, merupakan salah satu kunci menurut Dhira Alfiah, sehingga bisa meraih prestasi di bidang olahraga renang. Belum lama ini, Dhira, sapaan akrabnya, mengikuti iven Bontang Open. Kejuaraan renang, yang diikuti siswa mulai dari sekolah dasar hingga SMA se-Indonesia Timur. Di ajang yang berlangsung selama tiga hari dan berakhir medio pekan kemarin, siswa kelas X SMA Al-Azhar Palu tersebut, membawa pulang enam medali sekaligus.

“Satu medali emas, kemudian lima medali perak,”sebut Dhira, ditemui di sekolahnya, Sabtu akhir pekan kemarin.
Dhira, meraih emas di nomor 100 meter gaya bebas. Sedangkan medali perak, diraih Dhira di nomor 400 meter gaya bebas, 200 meter gaya bebas dan 50 meter gaya bebas. Dua perak lagi, diraih Dhira di nomor 100 meter gaya kupu-kupu dan 100 meter gaya ****.

Sulung dari tiga bersaudara, anak pasangan Irmayanti Ishak dan Decy Sophan Pettalolo tersebut, mengaku bahwa awal ketertarikannya di olahraga renang, sejak mulai bangku Sekolah Dasar (SD). Saat itu, Dhira sering mengalami sesak napas. Setelah didiagnosa, Dhira divonis menderita asma. Oleh sang nenek yang juga seorang dokter, Dhira dianjurkan untuk melakukan terapi renang.

“Anjuran Oma yang juga dokter, ternyata ampuh. Sebab memang, inti dari gerakan di olahraga renang adalah menggerakkan paruparu. Alhamdulillah, bukan hanya asma yang tidak balik lagi, tapi saya malah keterusan dan bisa berprestasi,”katanya lagi.

Gadis kelahiran Ujung Pandang 6 Januari 1997 tersebut, tergabung dalam Elma Swimming Club (ESC), yang berada di bawah asuhan Ilham M Nur, yang juga adalah pelatihnya. Menghadapi iven Bontang Club yang merupakan ajang berkumpulnya siswa-siswa bertalenta dalam bidang olahraga renang, Dhira mengaku sudah mulai menyiapkan diri sebulan penuh. Usai pulang sekolah, Dhira langsung ke kolam renang pada sore harinya. Di bawah bimbingan sang pelatih, Ilham M Nur, Dhira terus mempertajam kemampuannya. Khusus hari Minggu, latihan fisik. Tujuannya, selain kemampuan yang diasah, latihan fisik tersebut untuk menjaga vitalitas dan stamina agar lebih siap.

Mengenai harapan dan keinginannya di masa yang akan datang, seperti halnya atlet professional, Dhira memiliki ekspetasi untuk bisa mengikuti iven olahraga yang jenjangnya lebih tinggi. Bukan hanya berpartisipasi di ajang PON, Dhira memiliki keinginan bisa mengharumkan nama Indonesia di ajang Olimpiade dan menjadi yang terbaik.

Kepala SMA Al-Azhar Palu, Drs Abd Basit Arsyad MPd, mengaku bahwa pihak sekolah sangat memberikan dukungan kepada Dhira, dalam mengembangkan talentanya di bidang olahraga renang.

Prestasi yang diraih Dhira, sekaligus memberikan bukti, kalau siswa Al-Azhar, bukan hanya dikenal di ajang-ajang akademik, tetapi juga di ajang non akademik. “Salah satunya, seperti yang diraih Dhira. Dia Berjaya di bidang olahraga renang. Kedepannya, sekolah akan selalu memberikan dukungan kepada  Dhira, agar semakin berprestasi dan bisa terus Berjaya,”demikian Basit.(**)